Senin, 13 September 2010

BERIKAN UPAH BURUH PT. SAI APAREL SEKARANG JUGA, BANGUN PERSATUAN BURUH LAWAN KAPITALISME DAN AGEN KAPITALISME SBY-BUDIONO



STATMEN PPBI (PERSATUAN PERGERAKAN BURUH INDONESIA)
Jl. Tebet Timur IIIJ No. IB Jakarta Selatan
Telp/Fax (+6221) 8379034
kp.ppbi@gmail.com
Email : kp.ppbi@gmail.com, Web Blog : kp-ppbi.blogspot.com

BERIKAN UPAH BURUH PT. SAI APAREL SEKARANG JUGA, BANGUN PERSATUAN BURUH LAWAN KAPITALISME DAN AGEN KAPITALISME SBY-BUDIONO


Di tengah hari raya Idul Fitri atau lebaran, kala mayoritas rakyat sibuk dalam perayaan lebaran, buruh PT. SAI Aparel masih harus berjuang merebut hak-haknya yang dirampas. Tercatat, pihak pengusaha PT. SAI Aparel belum membayarkan upah buruh bulan Agustus 2010. Marah dengan tindakan pengusaha yang tak kunjung melaksanakan kewajibannya dalam memberikan upah buruh, buruh PT. SAI Aparel pun menduduki pabrik pada Tgl 8 September 2010, menuntut haknya dipenuhi.
Hasil dari negosiasi antara perwakilan buruh dengan pengusaha pun tidak memuaskan. Berdasarkan hasil negosiasi tersebut, pihak pengusaha hanya akan membayarkan separuh upah buruh yakni sejumlah Rp 200.000,00 sementara sisanya akan dibayarkan pada Tgl 15 September 2010. Tidak puas dengan hasil negosiasi itu, buruh PT. SAI Aparel bertekad untuk melaksanakan pemogokan pada Tgl 14 September 2010.

Sebelumnya, di beberapa daerah, banyak buruh yang mengalami persoalan yang sama. Buruh PT. WRP, Medan, Sumatera Utara; Buruh PT. Kenufusa, Bekasi; satpam Saphir Mall, Jogjakarta dan di beberapa tempat lainnya juga mengalami bagaimana hak-haknya sebagai buruh dirampas. Sementara, pihak pemerintah, Depnakertrans tidak segera turun tangan bahkan melakukan pembiaran terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh pihak pengusaha.
Persoalan yang dialami oleh buruh PT. SAI Aparel dan persoalan buruh lainnya di seluruh Indonesia adalah persoalan buruh secara keseluruhan yang disebabkan oleh sistem kapitalisme yang mengharuskan penghisapan kerja buruh demi keuntungan para pemilik modal atau kapitalis. Sehingga tidak heran jika pemilik modal/kapitalis/ pengusaha akan selalu berupaya menekan upah buruh serendah mungkin agar bisa meraih keuntungan. Sementara, pemerintah pada faktanya tidak berpihak pada kepentingan buruh dan lebih berpihak pada kapitalisme, melalui berbagai kebijakannya seperti penetapan upah murah, pembiaran terhadap pengusaha yang melakukan pelanggaran, menaikkan TDL dan harga-harga kebutuhan pokok yang semakin memberatkan kehidupan buruh.
Dengan demikian, buruh harus menyatukan kekuatannya dalam menghadapi berbagai persoalan buruh, sekaligus melawan pemilik modal dan pemerintah agen kapitalis. Bahkan, penting bagi buruh untuk pula segera menyatukan kekuatan dengan kekuatan gerakan rakyat lainnya sebab tidak hanya buruh yang ditindas oleh kapitalisme namun juga elemen rakyat lainnya seperti KMK, tani, mahasiswa, perempuan dan elemen rakyat lainnya. Karena itu, kami dari PPBI (Persatuan Pergerakan Buruh Indonesia) menyatakan:
1. Mendukung sepenuh-penuhnya perjuangan buruh PT. SAI Aparel untuk merebut hak-haknya
2. Kepada Pengusaha PT. SAI Aparel untuk segera memenuhi tuntutan buruh!
3. Kepada seluruh buruh PT. SAI Aparel dan buruh di seluruh Indonesia untuk menyatukan kekuatan melawan kekuatan kapitalisme dan rejim SBY-Budiono agen kapitalis
4. Kepada seluruh buruh PT. SAI Aparel dan buruh di seluruh Indonesia untuk menyatukan kekuatan dengan gerakan rakyat, membangun persatuan nasional gerakan rakyat untuk melawan kapatalisme dan agen kapitalis, SBY-Budiono.
Jakarta, 13 September 2010

Ketua Umum

Atta B. Udi

Sekjen

Budi Wardoyo

BACA ARSIP DI BLOG INI

Komite Persiapan Persatuan Pergerakan Buruh Indonesia

"GABUNGAN SOLIDARITAS PERJUANGAN BURUH, BEKASI"
" FORUM BURUH LINTAS PABRIK, JAKARTA "
"FNPBI-PRM MEDAN"
" SBBSU SUMATERA UTARA "
"FNPBI-PRM SURABAYA"
"FNPBI INDEPENDEN MOJOKERTO"
"SERIKAT BURUH GARUDA, SUMEDANG"
"FNPBI-PRM SAMARINDA"
"FNPBI-PRM BALIKPAPAN"
" FORUM SOLIDARITAS PERJUANGAN BURUH, BANDUNG "

KPRM-PRD

G S P B